Hikmah Puasa Bulan Ramadhan

1. Meningkatkan ketakwaan : Berpuasa memberikan hikmah yang bermanfaat bagi kita dalam menjalakan ibadah puasa dengan sepenuh hati hal ini akan meningkatkan ketakwaan kita kepada sang pencipta.
Sebagaimana dalam firman Allah dalam Al-Qur’an : “Hai orang-orang yang beriman diwajibkan atas mu berpuasa, sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa” (QS. Al-Baqarah: 183).

2. Meningkatkan rasa syukur atas segala nikmat Allah SWT : Dalam berpuasa pada bulan ramadhan, dianjurkan untuk setiap orang memiliki kelebihan dalam ekonomi diwjaibkan untuk bersedekah kepada orang-orang dakir pada bulan Ramadhan, seperti seakan engkau memberi orang yang tidak takut miskin. Maka jadilah orang yang mensyukuri nikmat Allah SWT.
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Allah sungguh ridha pada hamba yang memakan makanan yang lalu memuji-Nya atas makan itu atau minum minuman lalu memuji-Nya atas minuman itu” (HR. Muslim).

3. Orang yang berpuasa menyibukkan hatinya dengan pikir dan zikir : Dalam berpuasa tentu akan mendapati masalah mengenai lapar dan haus, namun hal ini dapat di lawan dengan selalu berpikir dan berzikir.
Sebagaimana sabda Rasulullah SAW : “Tidak ada wabah yang diisi penuh oleh Anak Adam yang lebih buruk daripada perutnya. Cukuplah bagi anak Adam itu suapan yang dapat menegakkan punggunya, jika dia tidak mampu, maka 1/3 untuk memakannya, 1/3 untuk minumnya dan 1/3 untuk nafasnya (HR. Ibnu Majah).

4. Melatih Disiplin Waktu : Berpuasa tentu membuat kita lebih kreatif dalam mengatur waktu untuk tetap fit dan kuat , sehingga tubuh memelurkan waktu istirahat yang cukup, dan tidur teratur. Hal ini tentu saja akan membuat kita lebih disiplin mengenai waktu.

5. Keseimbangan dalam hidup : Pada bulan puasa kita berlatih untuk mengingat dan melaksanakan seluruh kewajiban kita selama ini sebagai umat Muslim dengan imbalan pahala yang dilipat gandakan . Dari yang sebelumnya terdapat berbagai aktivitas duniawi dan lupa dengan akhirat.

6. Lebih peduli dengan sesama dan mempererat silaturahmi : Dalam bulan ramadhan, setiap umat Islam kembali disadarkan akan pentingnya rasa kebersaamaan dan persaudaraan. Baik itu dengan memberikan hal-hal yang memudahkan menjalani puasa seperti menu berbuka puasa atau hal lainnya.

7. Berhati-hati dalam berbuat : Puasa Ramadhann tidak hanya menahan lapar dan haus, namun puasa ramadhan juga membuat kita lebih menjaga mata, telinga, perkataan dan perbuatan. Hal ini akan membuat kemajuan disaat sesudah bulan Ramadhan yang telah kita jalani dari yang dulunya suka berbohong, menggunjng, dan memandang yang menimbulkan dosa, kini dapat menghilangkan hal-hal tersebut dan dapat membuat serta menjaga diri dalam berbuat apapun.

8. Melatih hidup sederhana : Ketika tiba waktu berbuka puasa yaitu hanya mengkonsumsi makanan dan minuman yang sedikit membuat kita telah merasakan kenikmatan. Dimana perlu kita ketahui bahwa pikiran yang banyak dan lain-lainnya merupakan godaan dari hawa nafsu saja.

9. Berlatih untuk tabah : Dalam berpuasa kita dibiasakan untuk menahan seperti marah, berburung sangka, dan dianjurkan sifat sabar atas segala perbuatan orang lain kepada kita.

10. Selalu melakukan kegiatan mulia karena itu ibadah : Setiap langkah ke mesjid adalah ibadah, menolong orang adalah ibadah, berbuat adil pada manusia adalah ibadah, tersum pada saudaranya adalah ibadah, membuang duri di jalan adalah ibadah, sampai tidur orang puasa adalah ibadah, sehingga segala sesuatu dapat dijadikan ibadah. Sehingga kita tidak akan menyia-nyiakan segala kegiatan kita dan selalu ingin melakukan kegiatan yang beribadah.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s